" AsevzRianaBlog-Spot: Guan Yu ~The Lord With Beautifull Beard~

Rabu, 25 Juli 2012

Guan Yu ~The Lord With Beautifull Beard~



Guan Yu






Guan Yu adalah seorang jenderal yang melayani di bawah panglima perang Liu Bei selama akhir Dinasti Han Timur dan era Tiga Kerajaan. Ia memainkan peran penting dalam perang yang menyebabkan runtuhnya Dinasti Han dan pembentukan Kerajaan Shu, dimana Liu Bei adalah kaisar pertama.

Sebagai salah satu tokoh sejarah Cina yang paling dikenal di seluruh Asia Timur, Kisah kehidupan Guan Yu telah diwariskan secara turun-temurun di mana perbuatan dan kualitas moralnya telah dibuktikan.


Guan Yu didewakan sejak Dinasti Sui dan masih disembah oleh orang-orang Cina saat ini, terutama di Cina bagian selatan. Dia dihormati sebagai lambang kesetiaan dan kebenaran.

Penampilan Fisik:

Guan Yu secara tradisional digambarkan sebagai seorang gagah berwajah merah dengan janggut subur panjang. Sementara janggutnya benar-benar disebut dalam Catatan Tiga Kerajaan, ide wajahnya yang merah mungkin berasal dari deskripsi dalam Bab Salah satu Kisah Tiga Kerajaan, di mana muncul kalimat berikut:

“Xuande melirik laki-laki, yang berdiri di ketinggian sembilan chi (1 chi = 0,3333m jadi tinggi Guan Yu hampir 3 meter), dan memiliki dua chi (0.7 m) jenggot panjang; wajahnya seperti warna Jujube, dengan bibir merah ; matanya seperti mata phoenix, ] dan alisnya mirip ulat sutra. Dia punya aura yang bermartabat dan tampak sangat perkasa.”

Mungkin juga, gagasan wajahnya yang merah bisa dipinjam dari opera2x China, di mana wajah-wajah merah menggambarkan kesetiaan dan kebenaran. Konon, senjata Guan Yu adalah sebuah guandao bernama Green Dragon Crescent Blade, yang menyerupai tombak dan dikatakan memiliki berat 82 kati (sekitar 49,5 kg atau 109 lbs). Sebuah replika kayu dapat ditemukan di Kuil Kaisar Guan di Xiezhou County, Cina. Ia digambarkan mengenakan jubah tradisional berwarna hijau di atas pelindung tubuh, seperti yang digambarkan dalam Kisah Tiga Kerajaan.




Dalam Kisah Tiga Negara

Novel sejarah Kisah Tiga Negara ditulis oleh Luo Guanzhong memuliakan Guan Yu dengan menggambarkan dia sebagai orang jujur dan setia. Berikut ini adalah beberapa cerita yang melibatkan Guan Yu dari novelnya:

Early life

Dalam Bab 1, Liu Bei, Guan Yu dan Zhang Fei bertemu di Zhuo County dan mengambil sumpah persaudaraan di Peach Garden, dengan demikian ia menjadi saudara dengan Liu Bei dan Zhang Fei. Diantara mereka bertiga Guan Yu . Sumpah ini menjadi prinsip penuntun untuk Guan Yu dan mempengaruhi sebagian besar kehidupannya di kemudian hari. Guan Yu berpegang teguh pada sumpah ini sampai kematian-Nya dan selalu setia kepada sumpah ini.

Dalam Bab 5, Guan Yu membuat namanya terkenal dengan membunuh panglima yang tampaknya tidak terkalahkan Jendral Hua Xiong dalam kampanye melawan Dong Zhuo. Ketika itu Yuan Shao tidak percaya bahwa Guan Yu bisa mengalahkan Hua Xiong, begini kutipan dari novelnya:

”Sebuah penghinaan untuk kita semua!” Seru Yuan Shao dari tempat duduknya. “Apa kita tidak mempunyai panglima lagi? Beraninya seorang pemanah berkuda (Jabatan Guan Yu waktu itu hanya seorang pemanah berkuda alias prajurit biasa) berbicara demikian? Ayo kita eksekusi dia!”

Tapi Cao Cao menengahi, “Tenang tuan Yuan Shao! Karena pria ini berbicara demikian, dia tentunya tangguh. Biar dia mencoba. Kalau dia gagal, barulah kita hukum dia.”

“Hua Xiong akan mentertawakan kita kalau mengirim prajurit biasa melawannya.” Kata Yuan Shao

“Orang ini tidak kelihatan seperti prajurit biasa. Bagaimana musuh tahu kalau dia hanya prajurit biasa?” Kata Cao Cao

“Bila aku gagal tuan bisa memenggal kepalaku!” Kata Guan Yu.

Cao Cao meminta pelayan menghangatkan anggur dan memberikannya pada Guan Yu sebelum dia pergi.

“Letakkan saja disitu,” Kata Guan Yu “Aku akan segera kembali.”

Guan Yu pergi dengan senjatanya dan melompat ke kudanya. Mereka yang di tenda itu mendengar deru genderang perang dan suara keras seperti langit runtuh dan bumi bergetar, bukit2x gemetar dan gunung terpecah-belah. Dan mereka semua ketakutan. Ketika mereka mendengar dengan seksama, suara denting bel kuda terdengar, dan Guan Yu kembali, membawa kepala dari musuh mereka Hua Xiong.

Anggurnya masih hangat


Kemudian, ketiga bersaudara ini bersumpah menantang Jenderal perkasa Lü Bu di Hulao Pass dan berhasil memaksa Lü Bu untuk mundur meskipun mereka tidak pernah mengalahkan dia.

Ketika berada di bawah Cao Cao

Dalam Bab 25, Cao Cao menyerang wilayah Liu Bei dari Xuzhou dan mengalahkan pasukan Liu Bei. Ketiga bersaudara ini pun terpisah sementara. Guan Yu bertugas membela Xiapi, di mana istri Liu Bei diberi tempat tinggal. Guan Yu dipancing keluar dari kota dan terkepung di bukit dekatnya sementara kota ini jatuh ke pasukan Cao Cao. Cao Cao mengirim Zhang Liao untuk membujuk Guan Yu untuk menyerah. Guan Yu mengkhawatirkan keselamatan saudara perempuannya mertuanya ketika ia melihat bahwa sebagai tanggung jawabnya. Setelah banyak pertimbangan, Guan Yu setuju untuk tunduk kepada Cao Cao dengan tiga syarat:

  1. Dalam nama, Guan Yu menyerahkan kepada Emperor Xian (yang sebenarnya penguasa boneka di Cao Cao kontrol) dan tidak untuk Cao Cao.
  2. Istri Liu Bei tidak boleh dirugikan dengan cara apapun. Mereka harus diperlakukan dengan penuh hormat dan kehormatan.
  3. Jika Guan Yu berhasil menemukan keberadaan Liu Bei (yang nasibnya belum diketahui setelah pertempuran) suatu hari, ia akan meninggalkan Cao Cao agar bisa bersatu dengan saudara angkatnya itu.

Cao Cao setuju untuk syarat2x ini meskipun ia merasa cemas untuk syarat yang terakhir. Guan Yu kemudian diserahkan kepada Cao Cao dan bertugas kepada Cao Cao untuk jangka waktu yang singkat. Oleh Cao Cao, Guan Yu diperlakukan dengan sangat hormat dan diberikannya kepada Guan Yu hadiah2x, kemewahan dan wanita, serta kuda yang terkenal Red Hare yang dulu milik Lü Bu. Guan Yu tidak terlalu kesan terhadap hadiah-hadiah Cao Cao, tetapi ketika Cao Cao memberinya kuda Red Hare, ia berlutut dan berterima kasih Cao Cao. Ketika Cao Cao bertanya alasannya, Guan Yu menjawab, "Tuan, saya sangat berterima kasih kepada Anda untuk tunggangan ini karena dengan itu, aku bisa mencapai saudara angkat saya dalam jangka waktu yang lebih singkat jika saya tahu di mana dia berada.” Cao Cao agak menyesal setelah mendengar hal ini namun ia tak dapat menarik hadiah itu kembali.

Juga dalam Bab 25, dalam pertempuran antara pasukan Cao Cao dan panglima perang Yuan Shao di tepi Sungai Kuning, jendral Cao Cao dikalahkan oleh Jendral pasukan Yuan Shao, Yan Liang. Cao Cao ingin mengirim Guan Yu untuk menantang Yan Liang tapi ia ragu-ragu karena dia tidak ingin Guan untuk membuat kontribusi. Guan sebelumnya mengatakan bahwa ia akan menunjukkan rasa terima kasih kepada Cao Cao dengan membuat beberapa kontribusi untuk Cao Cao sebelum ia dapat pergi. Namun demikian, dengan terpaksa Cao Cao mengutus Guan Yu untuk melawan Yan Liang dan Guan Yu menang, membunuh Yan Liang dan kembali dengan kepalanya. Dalam bab berikut, Wen Chou, Jendral Yuan Shao lainnya datang untuk membalaskan dendam kematian Yan Liang. Wen mengalahkan beberapa panglima terbaik Cao Cao termasuk Zhang Liao dan Xu Huang. Guan Yu membuat kontribusi besar lainnya kepada Cao Cao dengan membunuh Wen Chou.

Melewati 5 Gerbang dan membunuh Enam Jenderal

Dalam Bab 26, Guan Yu akhirnya menerima kabar bahwa Liu Bei masih hidup dan saat ini berada dalam perlindungan Yuan Shao. Guan memutuskan untuk meninggalkan Cao Cao bersama-sama dengan istri-istri Liu Bei untuk bergabung dengan Liu Bei. Guan Yu mencoba menyampaikan perpisahan Cao Cao secara pribadi sebelum berangkat, tapi Cao Cao tidak memberinya kesempatan untuk melakukannya. Frustrasi, Guan Yu akhirnya menulis surat perpisahan untuk Cao Cao dan pergi. Ia tidak membawa satu pun barang2x dan hadiah pemberian Cao Cao, kecuali Red Hare. Dia bahkan melepaskan gelar sebagai Marquis of Han Shou dengan meninggalkan segel resminya. Bawahan Cao Cao merasa bahwa Guan Yu bersikap terlalu kasar dan arogan dengan meninggalkan tanpa mengucapkan selamat tinggal dan ingin mengejar dia dan membawanya kembali. Namun, Cao Cao tahu bahwa tidak ada yang bisa menghentikan keinginan Guan Yu dan ia memberi perintah untuk para pejabat di sepanjang jalan untuk memberi jalan kepada Guan Yu.

Guan Yu berkuda di samping kereta membawa istri2x Liu Bei dan mengantar mereka dengan selamat sepanjang jalan. Pertama adalah mereka mencapai Dongling Pass (东岭关, sekarang selatan Dengfeng, Henan). Petugas penjaga Kong Xiu menolak untuk mengizinkan Guan Yu karena Guan tidak punya izin resmi dengan dia. Marah, Guan Yu membunuh Kong Xiu dan memaksa melewati jalan.

Mereka tiba di kota Luoyang berikutnya. Gubernur Han Fu membawa 1.000 pria untuk blokade jalan Guan Yu. Bawahan Han Meng Tan menantang Guan Yu berduel tapi ditebas menjadi dua oleh Guan. Sementara Guan bertarung dengan Meng, Han Fu diam-diam membidik dan menembak panah di Guan Yu. Panah mengenai lengan Guan Yu dan melukai dirinya, tetapi Guan Yu menarik panah dari lukanya dan berikutnya membunuh Han Fu. Para prajurit terkejut segera memberi jalan dan mereka melewati dengan aman.

Rombongan Guan Yu tiba di Sishui Pass (汜水, sebelah utara sekarang Xingyang, Henan). Petugas penjaga Bian Xi menerima rombongan Guan Yu dengan sambutan yang hangat dan mengundang Guan ke sebuah pesta di kuil di luar pos. Tetapi, Bian Xi telah memerintahkan 200 dari anak buahnya bersembunyi di dalam kuil untuk membunuh Guan Yu. Untungnya, salah seorang biarawan bernama Pujing, yang juga berasal dari kampung halaman Guan Yu, mengisyaratkan untuk Guan Yu akan bahaya yang tersembunyi. Penyergapan gagal dan Guan Yu membunuh Bian Xi dan melewati Sishui Pass.

Gubernur Xingyang, Wang Zhi, mengadopsi skema yang sama untuk membunuh Guan Yu. Seperti Bian Xi, ia berpura-pura ramah terhadap Guan Yu dan Guan Yu memimpin partai ke sebuah rumah yang sudah disediakan bagi mereka untuk menetap di malam. Setelah itu, Wang memerintahkan bawahannya Hu Ban untuk memimpin 1.000 pria untuk mengepung rumah itu diam-diam dan membakarnya di tengah malam. Penasaran ingin tahu bagaimana rupa Guan Yu yang terkenal, Hu Ban mencuri pandang pada Guan Yu. Guan melihat Hu Ban dan mengundangnya ke dalam ruangan. Guan Yu telah bertemu ayah Hu sebelumnya dan membawa surat ayah Hu dengannya. Dia memberikan surat kepada Hu Ban, setelah membacanya Hu Ban memutuskan untuk membantu Guan Yu. Hu Ban mengungkapkan rencana jahat Wang Zhi dan membuka gerbang kota diam-diam untuk Guan Yu dan rombongannya pergi. Wang Zhi menyusul beberapa saat kemudian, tetapi Guan Yu berbalik dan membunuhnya.

Rombongan Guan Yu akhirnya tiba di tempat penyeberangan di tepi selatan Sungai Kuning. Qin Qi, petugas yang bertanggung jawab, menolak untuk mengizinkan Guan Yu untuk menyeberangi sungai dan terbunuh oleh Guan Yu yang marah. Guan Yu dan rombongannya lalu menyeberangi sungai dengan aman dan masuk ke wilayah Yuan Shao. Namun, mereka segera menyadari bahwa Liu Bei tidak lagi berada di wilayah Yuan dan telah pergi untuk Runan. Guan Yu dan rombongannya kemudian membuat perjalanan panjang mereka kembali dan akhirnya dipersatukan kembali dengan Liu Bei dan Zhang Fei di Gucheng.

Melepaskan Cao Cao di lembah Huarong

Dalam Bab 50, setelah menderita kekalahannya dalam Pertempuran Red Cliffs, Cao Cao melarikan diri dengan prajuritnya yang masih hidup ke arah kota Jiangling. Ahli strategi militer utama Liu Bei Zhuge Liang telah meramalkan kekalahan Cao Cao dan memperkirakan rute pelarian Cao Cao. Dia memerintahkan Guan Yu untuk memimpin 5.000 pria dan bersembunyi untuk menyergap di sepanjang Huarong Trail, jalan sempit di hutan mengarah Jiangling. Sebelum keberangkatannya, Guan Yu membuat sumpah militer berjanji bahwa ia tidak akan mengingat kebajikan Cao Cao kepadanya. Jika ia gagal melakukannya, ia akan menghadapi hukuman mati di bawah hukum militer. Seperti yang diharapkan, Cao Cao melewati lembah Huarong setelah disergap oleh Zhao Yun dan Zhang Fei di sepanjang rute melarikan diri.

Cao Cao dan anak buahnya bertemu Guan Yu dan pasukannya. Cao Cao berbicara kepada Guan Yu dan memohon padanya untuk mengampuni hidupnya dan mengingatkannya tentang hubungan masa lalu mereka. Guan Yu terharu ketika ia ingat kebaikan yang ia terima dari Cao Cao. Juga, ketika ia melihat penderitaan Cao Cao yang baru kalah dan Zhang Liao, yang sebelumnya ia diselamatkan dari kematian, dia memutuskan untuk membiarkan Cao Cao dan anak buahnya untuk pergi. Setelah kembali, Guan Yu mengaku bersalah telah melanggar janji yang dibuat sebelumnya dan menyatakan kesediaannya untuk menerima eksekusi. Namun, dengan campur tangan Liu Bei dan Zhang Fei, Zhuge Liang memutuskan untuk mengampuni Guan Yu mengingat jasa Guan Yu di masa lalunya. Sebenarnya Zhuge Liang telah menduga Guan Yu akan melepaskan Cao Cao dan ia memang sengaja agar Guan Yu dapat membuktikan belas kasihnya dan mempercepat pembentukan Tiga Kerajaan.

Hua Tuo mengobati lengan Guan Yu

Dalam Bab 75, selama pengepungan pada Fancheng (樊城, sekarang Xiangfan, Hubei), lengan Guan Yu terluka oleh sambaran panah yang ditembakkan oleh musuh. Panah itu segera dicabut tapi racun yang dioleskan pada mata panah sudah meresap ke dalam lengan Guan Yu. Guan Yu tidak mau memerintahkan pasukannya untuk mundur sehingga bawahannya mencari seorang tabib untuk mengobati lukanya. Tabib yang terkenal Hua Tuo muncul tepat pada waktu dan menawarkan diri untuk merawat luka Guan Yu.

Hua Tuo mendiagnosa bahwa dia perlu melakukan operasi pada lengan Guan Yu, dengan memotong membuka dan mengorek daging dari sisa-sisa racun pada tulang. Hua juga menyarankan bahwa Guan Yu akan menutup mata dan mengikat lengannya erat-erat karena akan dilakukan operasi dan tidak adanya anestesi juga sebagian besar pasiennya tidak dapat tahan rasa sakit luar biasa dari operasi itu. Namun, Guan Yu meminta agar operasi dilakukan di tempat dan ia terus melanjutkan permainan Weiqi dengan Ma Liang selama operasi. Sepanjang operasi, mereka yang menonton di dekatnya merasa ngeri saat mereka menyaksikan adegan mengerikan di depan mereka, tetapi Guan Yu tetap tenang dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit sama sekali. Akhirnya, Hua Tuo berhasil menyembuhkan luka Guan Yu dan menjahitnya setelah menerapkan pengobatan dan kemudian pergi tanpa menerima imbalan apapun.

The Death Of the God Of War

Sebelum berangkat menyerang Fancheng atas perintah Liu Bei, Sun Quan mengirim utusan kepada Guan Yu untuk menikahkan anaknya dengan anak perempuan Guan Yu. Namun Guan Yu menolaknya dengan keras bahkan hampir membunuh utusan itu sambil berkata, "Mana bisa anak macan (anaknya) dikawinkan dengan anak anjing (anak Sun Quan)!" Untunglah utusan tersebut berhasil diselamatkan oleh Guan Ping dan Wang Lei. Akibat hal ini Sun Quan merasa sakit hati dan berniat merebut JingZhou

Guan Yu menemui ajalnya di Maicheng, Ketika ia sedang menggempur istana Fan yang di jaga oleh Cao Ren ia mengalami kekalahan dari pasukan bala bantuan Wei yang dipimpin oleh Xu Huang. Ditambah lagi pasukan Wu yang dikomandoi oleh Lu meng berhasil merebut Jing karena dibantu oleh Mi Fang dan Fu Shiren anak buah Guan Yu yang membelot.

Terdesak dengan sedikit perbekalan dan prajurit Guan Yu mencoba melarikan diri ke Yizhou (Shu) namun Lu Meng telah memperkirakan hal ini dan menempatkan pasukan di tempat yang dilalui oleh Guan Yu. Guan Yu dan anaknya Guan Ping berhasil ditangkap oleh Pan Zhang, lalu mereka berdua di hukum mati oleh Sun Quan. Sampai akhir hayatnya ia menolak untuk menyerah kepada Sun Quan karena kesetiannya pada Liu Bei.

Pencerahan di Yuqian Hill

Dalam Bab 77, setelah kematian Guan Yu di tangan Sun Quan, penguasa Wu, rohnya menjelajahi wilayah, sambil berteriak, "Kembalikan kepalaku!". Rohnya datang ke Bukit Yuquan luar Dangyang County (sekarang Dangyang, Hubei), dan ditemui Pujing, biarawan yang menyelamatkan hidupnya beberapa tahun lalu di Sishui Pass. Pujing berbicara dengan lembut, "Sekarang Anda meminta kepala Anda, tapi dari siapakah Yan Liang, Wen Chou, para penjaga perbatasa dan banyak orang lain meminta kepala mereka?" Jiwa Guan dengan demikian tercerahkan dan menghilang, tapi selanjutnya terwujud di sekitar bukit dan melindungi penduduk setempat dari yang jahat. Penduduk setempat membangun sebuah kuil di atas bukit untuk menyembah roh.

Rahib Pujing dikatakan telah membangun sebuah gubuk untuk dirinya sendiri di kaki tenggara Yuquan Hill selama tahun-tahun terakhir Dinasti Han Timur. The Yuquan Temple (玉泉寺), kuil tertua di daerah Dangyang dari tempat pemujaan Guan Yu berasal, dibangun di lokasi yang tepat dari pondok, dan konstruksi telah selesai hanya sampai Dinasti Sui.

Setelah kematian

Dalam Bab 77, setelah Wu merebut Jingzhou dan dibunuh Guan Yu, penguasa Sun Quan mengadakan sebuah perjamuan untuk merayakan kemenangan untuk menghormati komandan militer Lü Meng, yang merencanakan serangan terhadap Jingzhou. Ketika pesta berlangsung, Guan Yu merasuki Lü Meng dan menawan Sun Quan. Ketika yang lain bergegas ke depan untuk menyelamatkan Sun Quan, Lü Meng yang kerasukan bersumpah akan membalas dendam sebelum ambruk ke lantai. Beberapa saat kemudian, Lü Meng meninggal. Sun Quan sangat ketakutan dan dia mengirim kepala Guan Yu kepada Cao Cao, berharap untuk mendorong tanggung jawab kematian Guan Yu ke Cao dan menabur perselisihan antara Shu dan Cao Cao.

Ketika Cao Cao membuka kotak yang berisi kepala Guan Yu, ia melihat ekspresi wajah Guan menyerupai orang yang hidup. Dia tersenyum dan berbicara ke kepala, "Saya harap Anda baik-baik saja sejak terakhir kita berpisah." Namun tiba2x, kepala Guan Yu membuka mata dan mulut dan janggut panjang dan rambut berdiri di ujungnya. Cao Cao terjatuh dan tidak sadarkan diri, ia baru kembali sadar setelah waktu yang lama. Setelah sadar, ia berseru, "Jenderal Guan adalah benar-benar seorang dewa dari surga!" Lalu ia memerintahkan kepala untuk dimakamkan dengan penghormatan selayaknya seorang pangeran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar